You are currently viewing 3 Tips Fotografi Makanan Dengan Smartphone

3 Tips Fotografi Makanan Dengan Smartphone

  • Post category:Fotografi
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:2 mins read
  • Post last modified:August 5, 2021

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, rasanya sayang sekali jika kreasi yang anda buat tidak Anda tunjukkan kepada yang lain, masakan yang menggugah dapat menjadi motivasi yang lain untuk membuat hal yang sama atau bahkan lebih baik.

GrasZ.iD akan mengajak anda untuk mengetahui tentang fotografi makanan atau food photography. Fotografi makanan dapat menjadi cara bagi anda untuk menunjukkan kreasi masakan dengan tujuan komersial. Apalagi saat ini online shop semakin berkembang pesat. Tidak hanya barang elektronik dan keperluan sehari-hari, makanan juga saat ini sudah di-online-kan. Dengan hanya bermodalkan smartphone kita bisa menghasilkan fotografi makanan yang menggugah selera, “ngilerable”, ciamik dan tentunya tidak kalah dengan foto kamera DSLR.

Tips dan Trik Fotografi Makanan

Agar tampilan foto masakan kita terlihat bagus dan menarik ada beberapa hal yang penting yang perlu diperhatikan

Pencahayaan Pada Fotografi Makanan

Perhatikan pencahayaan ketika melakukan sesi motret makanan atau minuman. Jaga agar cahaya tidak terlalu terang agar foto makanan tidak over expose, namun juga jangan memotret di tempat gelap agar foto makanan terlihat tajam, kecuali kita akan melakukan pemotretan dark food

Angle

1600940828558

Ada beberapa angle yang bisa digunakan untuk memotret makanan kita, jika makanan yang akan difoto memiliki dimensi tinggi, atau model makanan yang ditumpuk, kita dapat menggunakan eye level angle, sedangkan jika makanan terkesan banyak ragamnya seperti nasi pecel, nasi ayam, kita dapat menggunakan high level angle, pengambilan dengan sedikit dimiringkan ke bawah.

fotografi makanan
Flat Lay Food Photography

Selain 2 angle tersebut kita juga bisa menggunakan teknik Flat Lay, dimana posisi kamera berada tegak lurus menghadap ke bawah. Teknik ini membuat foto makanan semakin menarik karena bisa digabungkan dengan objek pendukung yang lain seperti gelas dan sendok.

Tata Letak Makanan

Tata letak makanan menjadi hal yang penting pada foto makanan atau food photography. Dari pengalaman selama ini mengambil gambar makanan, tata letak dan properti yang digunakan memiliki andil yang besar dalam menghasilkan foto yang baik dan indah selain teknik dan pencahayaan. Oleh karena itu perhatikan tata letak makanan, objek pendukung dan properti yang digunakan. Pastikan jenis makanan dan properti memiliki kaitan, jika makanan terkesan tradisional gunakan properti yang mendukung pun jika makanan tersebut makanan modern, namun perhatikan juga proporsionalnya. Kita tidak ingin kan hasil foto kita menjadi sia-sia.

Banyak berlatih juga menjadi kunci agar tampilan foto makanan kita semakin baik.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments