You are currently viewing 5 Tips Fotografi Smartphone Yang Harus Diperhatikan

5 Tips Fotografi Smartphone Yang Harus Diperhatikan

  • Post category:Fotografi
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:3 mins read
  • Post last modified:August 1, 2021

Apa yang perlu diperhatikan dalam fotografi smartphone

Dalam fotografi smartphone terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan agar gambar foto yang dihasilkan baik dan indah serta sesuai kaidah fotografi. Berbeda dengan kamera profesional kamera smartphone memiliki keterbatasan kemampuan sehingga harus benar-benar kita optimalkan. Grasz.ID akan mengulas 5 hal yang harus kita perhatikan agar hasil foto kita tampak cantik :

Pencahayaan pada fotografi smartphone

Foto adalah refleksi cahaya, maka faktor terpenting fotografi adalah cahaya. Tanpa cahaya foto yang dihasilkan hanya gambar gelap gulita, meskipun foto menggunakan teknik low key yang minim cahaya. Karena dapat mempengaruhi ketajaman foto suatu objek maka penggunaan cahaya dalam fotografi juga perlu diatur, terlalu terang mengakibatkan gambar over expose terlihat putih serta sebaliknya under expose malah terlihat gelap dan tidak tajam.

Memotret dengan cahaya yang cukup dan lembut akan dapat menciptakan foto yang cantik dan istimewa. Maka disarankan memotretlah dengan cahaya yang lembut yang bisa didapat di pagi hari mulai pukul 7 hingga 10 pagi serta di sore hari mulai pukul 3 sampai pukul 5 sore hari. Namun tetap pastikan cuaca sekitar, jam tersebut adalah untuk kondisi normal.

Gridlines Kamera

Gridlines atau garis bantu pada kamera berfungsi untuk mengatur peletakan objek utama dalam foto agar terlihat seimbang. Penempatan objek yang baik juga dapat memberikan makna lain dalam sebuah gambar foto. Umumnya fotografer pemula akan meletakkan objek utama di tengah atau biasa dikenal dengan Dead Center. Namun agar gambar foto terlihat tidak monoton atau kaku maka objek utama dapat diletakkan di bagian pinggir titik temu bagian bawah/atas atau biasa disebut dengan Rule of Third (ROT).

Gridlines kamera tidak akan tampil di hasil foto akhir, fungsinya hanya sebagai panduan kamera. Untuk menampilkannya di smartphone, setiap HP memiliki settingan kamera yang berbeda, namun umumnya HP berOS Android settingan dapat ditemukan langsung di bagian kamera, sedangkan yang berOS IOS atau iPhone settingan gridlines akan di temukan di bagian General Setting. Dalam dunia fotografi, baik yang menggunakan fotografi smartphone maupun fotografi kamera profesional gridline mutlak diperlukan.

Frame Kamera

Ukuran gambar foto juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam mengambil gambar foto khususnya fotografi smartphone. Salah satu kelebihan kamera smartphone adalah memiliki kemampuan untuk mengubah ukuran frame kamera. Umumnya frame kamera di smartphone terdiri dari 4:3, 3:4, 9:16, dan 1: 1. Ukuran frame kamera juga berpengaruh jika kita adalah social mediaholic. Foto selfie kita bisa-bisa harus di crop terlebih dahulu jika ingin tampil exist di instagram, oleh karena itu pemilihan frame kamera perlu diperhatikan. Untuk mengubah settingan frame kamera masing-masing jenis smartphone memiliki perbedaan.

Angle Kamera

Jika diperhatikan, sering dari kita secara “tradisional” mengambil gambar foto dengan posisi kamera atau angle kamera secara sejajar dengan pandangan mata. Padahal dalam dunia fotografi ada beberapa angle kamera yang dikenal, diantaranya dimulai dari bawah yakni bottom level angle, low angle, eye level angle, high angle, dan top angle. Angle tersebut bisa diterapkan di fotografi smartphone, bahkan beberapa angle menjadi angle favorit dalam fotografi makanan.

fotografi smartphone

Editing

Tidak hanya kamera smartphone bahkan kamera profesional pun terkadang perlu juga melalui proses editing. Dalam fotografi smartphone terdapat beberapa aplikasi untuk editing gambar yang tersedia langsung di HP sehingga tidak diperlukan lagi proses transfer dan edit di komputer. Bahkan beberapa menawarkan hasil yang memukau yang tidak kalah dengan hasil editing melalui komputer. Meskipun beberapa aplikasi harus berbayar.

Editing perlu dilakukan agar hasil foto terlihat makin ciamik atau hanya sekedar memanipulasi hasil foto kita, agar terlihat lebih cantik…

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments