You are currently viewing 7 Tips Menghasilkan Dark Mood Food Fotografi Yang Cantik

7 Tips Menghasilkan Dark Mood Food Fotografi Yang Cantik

  • Post category:Fotografi
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:4 mins read
  • Post last modified:August 1, 2021

Trend foto makanan saat ini semakin meningkat, selain faktor maraknya penjualan online, dan mungkin pandemi covid…saat ini banyak yang berlomba-lomba untuk menampilkan kreatifitasnya bahkan hanya untuk meningkatkan status di media sosial.

Di banyak teknik fotografi makanan, saat ini fotografi makanan bernuansa gelap atau Dark Mood Food Photography atau biasa disebut dengan Dark Food semakin digemari, selain tampak unik, kesan gelap juga menjadikan makanan tampak lebah mewah dan elegan.

Foto Dark Mood terinspirasi dari lukisan italia yang sering memadukan kontras bayangan dan cahaya. Banyak lukisan Italia yang menggunakan teknik ini.

Tampak sulit dan membutuhkan skill, kali ini Grasz.ID akan mengulas dan memberikan tips dan trik bagaimana menghasilkan Dark Mood Fotografi yang baik.

Gunakan Cahaya Yang Minimal

Ingat gunakan cahaya yang minimal, bukan tanpa cahaya. Bagaimanapun fotografi tetap menggunakan cahaya apapun jenisnya. Agar kita tetap bisa menggunakan cahaya alami pada foto makanan kita, tipsnya adalah menjauhlah dari jendela rumah atau gunakan ruangan khusus jika memungkinkan. Untuk menimbulkan kesan cahaya lembut pada makanan anda, gunakan kain putih atau tirai. Letakkan cahaya buatan semisal LED/Diffuser cahaya yang di balik tirai/kain. Sehingga objek foto anda akan berada di depan, dan cahaya dibalik kain/tirai. Jika masih terdapat cahaya yang terlalu kuat, gunakan penghalang yang bisa berupa karton hitam, atau kain hitam.

Manfaatkan Karton Hitam dan Diffuser

Agar foto makanan tampak memiliki cahaya yang natural dan menghasilkan bayangan yang natural pula diperlukan cahaya, namun masalahnya untuk foto dark mood hal ini sulit dilakukan. Tipsnya kita bisa menggunakan karton/penghalang berwarna hitam. Cukup buat bentuk kotak dari karton hitam dan letakkan dimana anda ingin menambahkan bayangan. Bisa dijadikan seperti pagar pada objek foto. Namun pastikan karton ini tidak tampil di dalam foto makanan. Karena sifat karton hitam yang tidak memantulkan cahaya kembali ke makanan.

Dark mood

Background Gelap

Gunakan warna yang gelap sebagai latar belakang foto makanan Dark Mood Food Fotografi. Jangan gunakan warna yang cerah atau bahkan terang. Warna ideal yang dapat digunakan sebagai background adalah abu-abu tua, biru tua dan hitam. Agar tampak menarik bisa juga gunakan background yang memiliki corak atau tekstur namun tetap perhatikan warnanya, pastikan memiliki warna yang gelap. Latar belakang kayu juga bisa digunakan dengan syarat yang telah disebutkan.

Peralatan Makan Yang Tidak Memantulkan Cahaya

Gunakan peralatan makanan yang tidak memantulkan cahaya. Peralatan makanan yang terbuat dari piring mengkilap, porselen dapat memantulkan cahaya, akibatnya foto makanan Dark Food mungkin tidak akan tampil maksimal. Gunakan peralatan makanan terbuat dari kayu yang tidak memantulkan cahaya, atau jika memungkinkan gunakan peralatan makanan yang berkesan vintage atau kuno.

Perhatikan Aturan Dasar POI

Saat membuat foto makanan, kita tetap harus memperhatikan aturan dasar untuk membuatnya tampak cantik. Sertakan beberapa objek pendukung bersama objek utama foto. Agar tampak cantik, gunakan ukuran objek yang berbeda agar objek saling mendukung. Gunakan aturan dasar Point Of Interest, baik itu DC maupun ROT. Seimbangkan objek utama pada foto agar penikmat foto langsung terfokus kepada foto makanan. Padu padankan objek utama dan objek pendukung.

Pengaturan Setting Kamera

Jika memungkinkan atur settingan kamera anda agar pengaturan cahaya di dalam kamera sedikit diturunkan. Jangan gunakan ISO yang tinggi yang beresiko menimbulkan noise pada gambar foto. Gunakan shutter speed yang lambat untuk mendapatkan exposure yang tepat. Gunakan tripod dapat membantu pengambilan gambar foto agar tidak goyang yang akan mengakibatkan foto menjadi buram. Di beberapa kamera HP sudah tersedia fitur untuk mengatur parameter-parameter tersebut.

Proses Editing

Lakukan proses editing pada foto makanan Dark Mood yang telah dihasilkan. Bagaimanapun proses editing tetap perlu dilakukan agar foto makin tampak cantik dan sesuai dengan yang diinginkan. Jaga kecerahan foto makanan anda, agar tetap tampil menggugah selera. Bereksperimenlah dengan warna, exposure, saturasi maupun kontras. Tetap perhatikan detil makanan dan kecerahannya. Sebagai informasi saat ini banyak aplikasi editing bahkan dapat dilakukan menggunakan smartphone.

Itulah sedikit tips dan trik Dark Food Fotografi. Namun demikian untuk menghasilkan Dark Mood Food Fotografi yang baik diperlukan persiapan dan tempat yang mendukung. Berlatihlah terus menggunakan teknik-teknik fotografi, oh ya Dark Food Fotografi ini juga saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan kamera HP, apalagi saat ini sudah banyak fitur kamera HP yang mendukung untuk teknik Dark Food Fotografi. Semangat motret……

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments