You are currently viewing 15+ Tips Hasilkan Foto Profesional Dengan Smartphone

15+ Tips Hasilkan Foto Profesional Dengan Smartphone

  • Post category:Fotografi
  • Post comments:1 Comment
  • Reading time:10 mins read
  • Post last modified:August 7, 2021

Jika Anda ingat masa sebelum adanya ponsel cerdas berkamera seperti saat ini, mengambil foto yang bagus adalah proses yang rumit dan membutuhkan perangkat yang mewah. Kita setidaknya harus membeli kamera profesional yang berharga mahal, menginvestasikan waktu dan energi untuk mempelajari cara menggunakannya. Ketika itu memotret sebisa mungkin diambil dengan minimal kesalahan karena masih digunakannya film polaroid yang tidak seperti saat ini, gambar salah bisa langsung Anda hapus.

Berkat perangkat seluler dan aplikasi editor gambar, sekarang Anda bisa dengan mudah mengambil foto dengan kualitas tinggi, dan mengeditnya dengan mudah bahkan langsung melalui ponsel tanpa diperlukan perangkat komputer.

Tapi jangan salah, mengambil foto yang bagus di smartphone Anda tidak sesederhana yang dibayangkan. Anda tetap perlu melakukan teknik fotografi yang sama jika Anda memotret menggunakan kamera profesional. Pada postingan sebelumnya kami pernah membahas mengenai Teknik Dasar Fotografi Smartphone yang berisi 5 poin penting untuk mengambil foto dengan ponsel Anda.

Nah kali ini GrasZ.iD akan mengembangkan lebih lanjut teknik fotografi dengan ponsel cerdas Anda agar hasil foto yang dihasilkan semakin baik dan menawan. Berikut ini adalah tips hasilkan foto profesional dengan smartphone

Aktifkan Gridlines

Salah satu cara termudah dan terbaik untuk meningkatkan foto ponsel Anda adalah dengan mengaktifkan gridlines kamera. Gridlines pada layar ponsel, akan membantu Anda untuk menyeimbangkan komposisi gambar sehingga memudahkan Anda untuk lebih tepat menempatkan posisi objek dalam layar ponsel.

Gridlines juga membuat Anda dapat menerapkan Rule of Thirds (aturan sepertiga), seperti yang pernah dibahas pada postingan sebelumnya, karena menurut teori jika Anda menempatkan tempat menarik di perpotongan atau di sepanjang garis, foto Anda akan lebih seimbang, rata, dan memungkinkan penikmat foto Anda untuk berinteraksi dengannya secara lebih alami.

foto profesional dengan smartphone
Aktifkan Gridlines – iphonelife.com

Untuk mengaktifkan gridlines :   

  • iPhone: Buka “Settings”, pilih “Photos & Camera”, dan aktifkan “Gridlines”.ยท   
  • Samsung Galaxy: Masuk kedalam aplikasi kamera Anda, pilih “Settings” gulir ke bawah dan alihkan opsi “Gridlines” ke “On”

Atur Fokus Kamera Anda

AutoFokus
Atur Fokus Kamera – gadgethacks.com

Kamera ponsel saat ini akan secara otomatis fokus pada latar depan kamera Anda, tetapi kamera tidak akan secara otomatis akan fokus kepada setiap objek yang ditangkap pada layar ponsel Anda. Untuk menyesuaikan di mana Anda ingin lensa kamera Anda fokus, buka aplikasi kamera Anda dan ketuk layar tempat Anda ingin mempertajam tampilan objek Anda.

Jika Anda mengambil foto suatu objek yang bergerak, misalnya, kamera Anda mungkin sulit mengikuti objek ini dan memfokuskan kembali sesuai kebutuhan. Ketuk layar untuk memperbaiki fokus kamera ponsel Anda sebelum mengambil gambar untuk memastikan objek bergerak memiliki fokus sebanyak mungkin, jadi tekan terus layar kamera Anda hingga fokus. Ikon persegi atau lingkaran akan muncul di layar kamera Anda, geser ikon tersebut kemana Anda ingin kamera Anda mempertajam fokusnya.

Fokus Pada Satu Objek

one subject
Fokus Pada Satu Objek – twitter.com/kevmorgans

Pernahkan Anda perhatikan, banyak dari foto terbaik umumnya hanya menyertakan satu objek yang menarik. Jadi, saat mengambil gambar, salah satunya, luangkan waktu untuk perhatikan dulu baik-baik objek yang akan Anda ambil. Beberapa fotografer profesional mengatakan bahwa objek tidak boleh memenuhi seluruh bingkai.

Dua pertiga dari foto harus berupa negative space atau ruang negatif, sehingga objek akan menjadi lebih menonjol. Namun ingat, pastikan Anda mengetuk layar ponsel cerdas Anda untuk memfokuskan kamera pada objek Anda, sehingga fokus dan pencahayaannya optimal. Anda juga dapat mengatur kecerahan, kontras, dan saturasi foto agar sesuai dengan yang Anda inginkan.

Berikan “Negative Space”

Negative Space
Bermain Dengan Negative Space – shutterstock.com

Ruang negatif” mengacu pada area kosong di sekitar dan di antara objek gambar. Seperti yang sudah disebutkan, ini bisa menjadikan objek foto lebih menonjol dan membangkitkan reaksi lebih kuat dari penikmat foto Anda. Negative space atau ruang negatif bisa berupa hamparan luas langit terbuka, lapangan kosong, dinding besar, serta air di laut atau danau.

Coba Persepektif Yang Berbeda

Mengambil foto dari sudut yang unik dan tak terduga dapat membuatnya lebih berkesan sehingga cenderung menciptakan ilusi kedalaman atau ketinggian dengan objeknya. Ini juga membuat gambar menonjol, karena sebagian besar fotografi ponsel diambil secara langsung atau dari pandangan mata burung (bird eye view). Cobalah mengambil foto langsung ke atas dan bermain dengan langit sebagai ruang negatif.

Jika Anda mengambil foto dan menemukan perspektifnya agak miring atau miring, akan lumrah jika Anda menggunakan aplikasi pengeditan foto yang banyak tersedia secara gratis untuk membuatnya menjadi persegi kembali.

Bermain Dengan Pantulan

Reflections
Pantulan Pemandangan – Dreamstime.com

Ada sesuatu yang sangat indah jika kita melihat langit terpantul di badan air, ini bisa menjadi mood booster di pagi hari yang cerah. Sebagian besar penikmat foto akan bereaksi positif terhadap refleksi atau pantulan, dan bisa membuat foto Anda menjadi lebih WOWW……menarik. Maka cobalah bermain dengan pantulan pada foto Anda.

Ada banyak tempat out-of-the-box untuk menemukan refleksi. Seperti genangan air, cermin, kacamata hitam, gelas minum, dan permukaan logam adalah diantaranya.

Leading Lines

leadingline2
Rel Kereta Sebagai Leading Lines – masterclass.com

Mungkin Anda pernah melihat pada beberapa foto, terdapat objek atau garis yang menarik perhatian penikmat foto ke bagian tertentu dari bingkai. Garis ini disebut Leading Lines (agak rancu jika dalam bahasa Indonesia…mungkin menjadi ‘Garis Terdepan‘).

Leading lines bisa berbentuk lurus atau melingkar seperti tangga, rel kereta api, jalan, atau bahkan jalan setapak melalui hutan. Leading Lines sangat bagus untuk menciptakan kesan dalam pada sebuah gambar, dan dapat membuat foto Anda terlihat dirancang dengan sengaja bahkan jika Anda kebetulan menemukan bentuk yang sangat keren secara tidak sengaja.

Pop Color

Pop Color
Pop Color – befunky.com

Bukankah keren jika seluruh foto Anda berwarna hitam putih, kecuali satu objek? Teknik ini biasa disebut dengan pop color atau pemblokiran warna. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk membuat foto menjadi keren. Anda bisa menggunakan aplikasi editing foto melalui ponsel Anda.

Untuk iPhone dapat menggunakan aplikasi Touch Color Effects Editor, sedangkan versi Android, dapat menggunakan Snapseed. Pemblokiran warna dapat membantu menonjolkan elemen foto yang ingin ditampilkan, seperti tanaman atau sesuatu yang lain dengan rona warna yang lebih berani. Tujuannya hampir sama dengan teknik Negative Space, karena dapat membantu satu objek lebih menonjol, tetapi dengan pemblokiran warna, elemen foto lainnya tampak tetap utuh.

Hindari Menggunakan Zoom

Saat Anda mengambil foto dari kejauhan, Anda tergoda untuk memperbesar (zoom in) sesuatu yang spesifik yang ingin Anda ambil. Tapi sebaiknya jangan gunakan fasilitas ini meskipun ponsel Anda keluaran tercanggih yang bisa zoom in hingga 100x. Fasilitas zoom in dapat membuat foto tampak berbintik, buram, atau berpiksel. Cobalah untuk lebih dekat dengan objek Anda kecuali jika itu adalah binatang liar, dalam hal ini kami akan menyarankan Anda untuk mengambil foto dari jarak aman, dan memotongnya nanti.

Jika seandainya terpaksa menggunakan pembesaran, cobalah gunakan pembesaran optik yang menggunakan lensa tambahan dibanding pembesaran digital seperti yang umum ada di kamera ponsel. Anda bisa menggunakan lensa klip yang bisa dipasang di ponsel. Dengan begitu, hasil foto Anda tidak berkurang kualitasnya dan lebih mudah untuk bermain-main atau mengoptimalkan gambar yang lebih besar.

Close Up

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “Perhatikan Juga Hal-hal kecil”. Terkadang, itu juga berlaku untuk foto. Gambar close-up (bedakan dengan foto makro ya) yang menangkap detail kecil, rumit, dan halus dapat menghasilkan konten visual yang sangat menarik. Perhatikan tekstur dan pola seperti cat yang mengelupas, jalan berkerikil, atau permukaan meja ubin. Anda bisa menggunakan aplikasi untuk menambah kemampuan kamera ponsel Anda.

Gunakan Cahaya Alami

Terbatasnya kemampuan flash/lampu kilat smartphone menjadikan foto yang diambil menjadi tidak bagus. Lampu flash ini membuat foto terlihat terlalu terang, mengubah warna secara negatif dan membuat objek terlihat pudar. Oleh karena itu manfaatkan sumber cahaya alami yang dapat Anda temukan, bahkan setelah gelap.

Dengan cahaya alami Anda dapat bermain dengan bayangan, membuat siluet, atau lebih besar lagi bermain dengan bayangan bangunan misalnya. Setelah Anda mengambil foto, mainkan dengan mengubah nilai “Eksposur” di aplikasi pengeditan foto favorit Anda untuk membuat gambar sedikit lebih cerah, tanpa membuatnya terlalu kasar.

Gunakan Flash Di Siang Hari

Terkadang, menggunakan lampu kilat kamera Anda dapat meningkatkan kualitas foto tetapi menggunakannya di malam hari dapat meningkatkan kontras foto Anda dan terlihat tidak rata. Namun, di ruang yang sudah cukup terang, lampu kilat dapat membantu melembutkan beberapa bayangan gelap di belakang atau di bawah objek utama Anda.

Saat Anda bersiap untuk melakukan bidikan foto, lihat ke tanah atau ke permukaan vertikal untuk mencari bayangan gelap yang mungkin ingin Anda hapus. Jika Anda melihatnya, nyalakan lampu kilat secara manual di aplikasi kamera Anda. Menyetel lampu kilat kamera ponsel Anda ke “otomatis” tidak akan menjamin bahwa kamera ponsel Anda akan secara otomatis mendeteksi bayangan yang ingin Anda singkirkan.

Gunakan Tripod

Meskipun kamera ponsel memudahkan Anda untuk mengambil foto apa pun saat bepergian, tidak pernah ada cara mudah untuk memastikan bidikan foto Anda tetap stabil saat Anda memotret, terutama jika Anda ingin berada di dalam gambar dan tidak hanya mengambil selfie seperti biasa Anda mengambilnya melalui tongkat selfie.

Tripod khusus ponsel memberi Anda kebebasan untuk memotret dengan stabil tanpa membawa alat berat lain. Sebagian besar tripod seluler hampir tidak lebih besar dari perangkat seluler Anda, dan dapat ditekuk ke sudut mana pun.

Atur Exposure Secara Manual

Fitur kamera ponsel saat ini memungkinkan Anda mengambil foto dengan tingkat kecerahan yang sudah diatur secara otomatis melalui prosesor ponsel. Mengetuk layar Anda saat kamera ponsel Anda aktif tidak hanya memfokuskan kembali lensa pada objek foto Anda, hal ini juga secara otomatis menyesuaikan seberapa banyak cahaya yang masuk ke kamera Anda untuk memberikan kecerahan pada gambar.

Namun hal ini juga tidak akan selalu terlihat tepat. Yang terbaik adalah menyesuaikannya secara manual. Untuk mengubah eksposur kamera ponsel Anda dengan manual, buka aplikasi kamera Anda dan ketuk layar. Saat Anda melihat lensa memfokuskan kembali, Anda akan melihat ikon matahari yang sangat kecil dan skala vertikal. Geser perlahan jari Anda ke atas dan ke bawah skala ini untuk menyesuaikan tingkat cahaya.

Foto Secara Spontan

Candid
Foto Candid – photzy.com

Mungkin kita pernah melihat foto yang diambil secara candid, atau tidak direncanakan, mungkin juga Anda sendiri pernah melakukannya. Foto tersebut bisa menjadi kenangan yang indah. Berkumpul bersama teman, keluarga, atau bertemu dengan selebritas.

Namun terkadang, foto candid orang yang melakukan sesuatu, atau orang dengan orang lain, bisa jauh lebih menarik. Itu karena foto spontan, tanpa perencanaan, tanpa pose persiapan lebih mampu menangkap emosi dan esensi suatu momen secara efektif. Salah satu cara terbaik untuk menangkap jenis bidikan ini adalah dengan mengambil foto sebanyak mungkin menggunakan. Ponsel cerdas saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan teknik Burst Mode. Tekan dan tahan tombol Shutter dan Anda memiliki lebih banyak gambar untuk dipilih.

Bersihkan Lensa Ponsel Anda

Clean Lense
Bersihkan Lensa Kamera Ponsel Anda – greysnet.com

Kamera smartphone mungkin lebih nyaman untuk dibawa-bawa daripada kamera profesional yang lengkap, tetapi itu harus dibayar dengan biaya perlindungan. Ponsel Anda biasanya ada di saku atau tas Anda saat Anda keluar rumah. Pastikan untuk membersihkan lensa ini dengan sapu tangan yang lembut sebelum mengambil foto. Anda mungkin tidak dapat mengetahui seberapa kotor lensa itu sampai Anda mulai mengedit gambar Anda. Memastikan lensanya jernih sebelum mengambil foto dapat mencegah Anda memulai dari awal.

Gunakan Lensa Tambahan

Ingin menghasilkan gambar yang baik lagi? Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk menggunakan lensa tambahan. Lensa makro, lensa tele, saat ini sudah banyak beredardi pasaran mulai dari yang murah hingga berharga mahal yang bisa dipasang di bagian atas kamera ponsel Anda. Lensa ini dapat menghadirkan kualitas dan perspektif foto yang berbeda. Kami juga pernah mengulas mengenai Fotografi Makro, dan Anda dapat melihatnya disini.

Edit Foto Anda

Editing
Jangan Ragu Untuk Edit Foto Anda – photographyblogger.net

Mengambil foto dengan ponsel cerdas Anda seperti yang telah disebutkan diatas hanyalah langkah pertama untuk membuatnya menarik secara visual. Mengedit foto Anda adalah langkah selanjutnya. Apliakasi editing foto dapat menjadi alat fotografi yang berharga, dan dapat diterapkan diantaranya adalah menghilangkan noda pada gambar, dan membuat makanan terlihat lebih lezat. Ada banyak aplikasi pengeditan foto dan video hebat di luar sana untuk perangkat seluler.

Nah itu dia tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan foto profesional hanya dengan kamera smartphone Anda. Semangat motret ya……..

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Rian Barus

Commenting in my article