You are currently viewing Shadow Fotografi dan Frog Eye, 2 Teknik Menjadikan Mainan Anak Sebagai Objek Foto

Shadow Fotografi dan Frog Eye, 2 Teknik Menjadikan Mainan Anak Sebagai Objek Foto

  • Post category:Fotografi
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:4 mins read
  • Post last modified:August 5, 2021

Teknik Shadow Fotografi dan Frog Eye

Mencari objek foto yang bagus bagi fotografer yang awam rasanya sulit-sulit mudah, paling banter kita melakukan travelling ke tempat wisata atau spot yang bagus, (spot yang murah kalo perlu gratisan) dan sambil jalan-jalan…cekrek….ambil foto sekalian selfie dengan latar belakang pemandangan. Nah susahnya nih disaat pandemi Covid-19 gini mau jalan-jalan ke tempat wisata ngeri-ngeri sedap….bahkan gak jarang juga tempat wisata yang kita tuju tutup sementara, atau paling gak diwajibkan ikut rapid tes dulu, nyiapin surat sehat, atau dokumen kesehatan lainnya.

Daripada kita kesulitan menyalurkan hobi motret, kita bisa memanfaatkan objek disekitar kita sebagai objek foto. Kali ini Grasz.id ingin membagikan tips memotret keren menggunakan objek mainan dengan teknik Shadow Fotografi dan Frog Eye. Namun sebelumnya kita pahami dulu teknik-tekniknya dan ingat yaa, teknik yang akan disebut berikut ini diambil dengan hanya menggunakan kamera Smartphone termasuk foto-foto yang ada di tulisan ini.

Pencahayaan dalam fotografi merupakan hal yang paling penting, agar foto yang dihasilkan tampak indah, jelas, tajam dan memukau. Namun demikian cahaya yang tidak pas akan menjadikan gambar tidak optimal oleh karena itu pengaturan cahaya perlu diperhatikan agar komponen gelap dan terang menjadi sama menariknya.

Pencahayaan

Dari sekian teknik pencahayaan, teknik shadow fotografi bertujuan memberikan penegasan pada bentuk objek foto sehingga lebih terlihat kesan 3 dimensinya. Oleh karena itu penggunaan cahaya pada teknik ini akan membuat bayangan tajam dan jelas dari objek foto.

Shadow Fotografi

Teknik shadow ini juga bertujuan untuk mengekspresikan emosi, suasana serta kedalaman foto sehingga pesan dari foto tersebut dapat sampai kepada penikmat fotonya.

Shadow Fotografi Vs Siluet

Mungkin dianatara Anda ada yang bertanya-tanya, apa perbedaan antara Shadow Fotografi dan Siluet? Keduanya memang menggunakan cahaya untuk menghasilkan gambar yang dramatis, tetapi keduanya bukanlah hal yang sama. Pada fotografi siluet, cahaya menutupi objek, dengan demikian, latar belakang akan lebih terang, dan objek foto akan lebih gelap. Bisa dibilang foto siluet adalah “foto melawan cahaya”, di mana objek hanya terlihat sebagai siluet. Sedangkan Shadow Fotografi tercipta jika objek diletakkan tepat di depan sumber cahaya. Ini menyebabkan cahaya berkumpul di belakang atau di depan objek, menciptakan ‘duplikat bersudut’. Metode ini berbeda satu sama lain, tetapi dapat digabungkan dalam satu foto. Hasil dari penggabungan Siluet dan Shadow Fotografi dalam satu gambar dapat menghasilkan gambar yang menarik.

Silhouette And Shadow Engagement Photos
Shadow Fotografi Dan Siluet – enchantingbymoncheri.com

Tips Shadow Fotografi

  1. Seperti yang disebutkan di awal pentingnya pencahayaan, maka untuk melakukan shadow fotografi gunakan momen cahaya yang baik jika akan menggunakan cahaya alami, memotretlah pada jam 8-10 pagi atau pada pukul 2-4 sore hari di saat cahaya pas terangnya namun tetap perhatikan cuaca.
  2. Pastikan bayangan objek foto pekat dan tajam serta panjang atau tampak lebih besar dari objek fotonya sehingga akan menghasilkan gambar yang menarik
  3. Untuk hasil yang lebih baik dan agar tampak memukau, bisa digunakan editing menggunakan aplikasi

Frog Eye

Apakah anda pernah melihat sebuah foto miniatur mainan namun dengan diambil dengan angle yang pas, miniatur tersebut jadi tampak besar, megah dan terlihat seperti wujud sungguhan? jika pernah maka itulah teknik fotografi Frog Eye. Frog Eye adalah teknik pengambilan gambar seperti pandangan seekor katak. Teknik ini bertujuan agar objek foto yang dipotret tampak menjadi lebih besar, tinggi, dan megah. Sehingga dengan teknik frog eye akan timbul pada objek foto miniatur kesan menjadi objek dengan wujud sungguhan, memang akan sedikit manipulatif.

Tips Teknik Frog Eye

Untuk mendapatkan gambar foto Frog Eye ada beberapa tips dan trik yang perlu dilakukan

  1. Posisikan kamera HP terbalik.
  2. Miringkan sedikit ke atas agar objek terlihat lebih besar.
  3. Jika benar dengan sendirinya akan timbul blur di bagian bawah objek foto dan objek akan tampak terlihat tinggi dan besar.
  4. Akan tampak lebih menarik lagi jika ditambah dengan editing baik melalui HP maupun dengan bantuan komputer.

Shadow dan Frog Eye dapat dijadikan latihan awal bagi fotografer pemula untuk melatih pencahayaan dan persepektif foto. Kedua teknik ini mudah dilakukan dan hanya membutuhkan objek yang mudah ditemui di lingkungan rumah. Apalagi di saat pandemi seperti ini, teknik fotografi ini juga bisa menjadi pengisi waktu luang saat di rumah. Semangat Motret terus yaaa…..

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments