You are currently viewing DJI Pocket 2, Perangkat Tempur Vlogger

DJI Pocket 2, Perangkat Tempur Vlogger

  • Post category:Teknologi
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:8 mins read
  • Post last modified:August 8, 2021

DJI tidak hanya dikenal dengan drone berkualitasnya seperti Phantom, Spark dan Mavic namun juga kamera bergimbal (perangkat stabilitas agar gambar tetap stabil) yang kualitasnya diklaim terbaik dibanding kompetitornya. Sepertinya DJI sengaja mengeluarkan DJI Pocket agar konsumen melupakan kamera bergimbal keluaran DJI lainnya yakni OSMO. Dengan ukuran yang ringkas dan lebih praktis namun memiliki fitur yang lebih baik, DJI Pocket mendapat perhatian lebih dari konsumen. Lantas apa yang baru kali ini dibanding sebelumnya?, berikut ulasannya.

Dalam hal kemampuan, DJI Pocket 2 mungkin belum sempurna, namun jika Anda seorang Vlogger atau Youtuber, DJI Pocket 2 ini menjadi perangkat yang lebih baik di pasaran dibandingkan kompetitornya. DJI Pocket2 menjadi kamera vlogging yang dikenal ringkas. Dengan mengupgrade dari versi standarnya (tentu dengan tambahan biaya), Anda akan mendapatkan paket Creator Combo yang dilengkapi dengan mikrofon nirkabel dan peralatan tambahan lainnya yang akan lebih mendukung aktivitas vlogger Anda.

DJIPOCKET2Action
imore.com

Pada versi terbarunya ini DJI Pocket menyematkan sensor yang lebih besar ukurannya dibanding pendahulunya. DJI Pocket 2 hadir dengan pelacakan objek (sehingga kamera dapat mengikuti objek secara otomatis untuk merekam gambar dan audio).

DJI Pocket 2 memiliki sensor 64MP, meningkat dari 12 MP pada DJI Pocket sebelumnya. Sensor DJI Pocket berukuran 1/1.7 inch lebih besar dibanding seri sebelumnya yang berukuran 1/2.3 inch. Umumnya semakin besar ukuran sensor maka semakin baik kinerja kamera.

DJI Pocket terbaru memiliki bidang pandang hingga 93 derajat dibanding seri sebelumnya yang sebesar 80 derajat, artinya dengan  bidang pandang yang besar aktivitas vlog semakin luas sudut gambar yang akan ditangkap. Pocket 2 juga sudah dilengkapi dengan teknologi HDR, rentang ISO yang lebih luas, sensor audio yang lebih baik, kemampuan pengambilan gerakan lambat pada Full HD dan tambahan aksesoris.

Jika Anda mengambil paket Creator Combo, selain mendapatkan Pocket 2 Anda juga akan mendapatkan mikrofon nirkabel eksternal, tambahan lensa ultra-wide-angle, dan juga tripod. Uniknya lagi mikrofon nirkabel tambahannya memilki jack untuk disambungkan dengan mic eksternal juga, sehingga pilihan untuk audio nirkabel semakin banyak.

DJI Pocket 2 Dengan 2 Paket

Anda dapat memiliki DJI Pocket 2 dengan 2 tipe paket, Standar dan Creator Combo. Di dalam kotak versi Standar Anda akan mendapatkan Unit Pocket 2, Mini Control Stick dan Dudukan Tripod ¼ inch. Versi terlengkapnya adalah Combo Creator, yang di dalam kotaknya Anda akan menemukan Unit Pocket 2, Micro Tripod, Lensa Sudut Lebar, Pelindung Lensa, Pegangan Do-It-All dan Mikrofon Nirkabel.

Creator Combo
Paket Creator Combo – Youtube.com

Perlu juga kami ingatkan bahwa dalam hal kualitas gambar, apa yang dimiliki oleh DJI dengan Pocket 2 ini, dalam beberapa hal mungkin sudah diadopsi oleh beberapa smartphone atau bahkan lebih baik lagi, terutama smartphone kelas atas, namun dengan stabilitas gambar gimbal, pelacakan objek otomatis, dan mikrofon nirkabel, rasanya fitur-fitur tersebut menjadikan Pocket 2 jelas memiliki segmennya sendiri.

Desain Yang Ringkas, Dilengkapi Drop Aware

Disain DJI Pocket 2 sangat kompak, ukurannya yang kecil dan ringkas menjadi salah satu sebab banyak konsumen beralih dari DJI OSMO Mobile. Pocket 2 dilengkapi dengan gimbal 3 axis yang pergerakan kameranya dapat dikontrol melalui tombol joystick. Dilengkapi dengan layar preview sebesar 1 inch, mungkin terlihat cukup kecil, namun jangan lupa Anda dapat menyambungkannya ke smartphone Anda melalui Wifi, sehingga layar ponsel Anda dapat dijadikan layar pratinjau Pocket 2.

Beratnya yang hanya 117gr sehingga nyaman dipegang dan tidak membuat tangan lelah, jikapun mau Anda dapat menopangnya di atas tripod yang disertakan dalam paket Creator Combo.

Ada port USB-C di bagian bawah Pocket 2, meskipun saat dipasang pada tripod, Anda dapat menghubungkan gimbal ke telepon melalui adaptor port universal yang tersedia di antara layar dan tombol mode dan rekam. Didalam kotak Pocket 2 tersedia adaptor Lighting untuk iPhone dan USB Type C untuk Android. Slot ini digunakan untuk menyambungkan ke ponsel dan ekspor video/foto.

dji pocket 2 22
photographyblog.com

Jika Anda ingin bersamaan memotret sekaligus mengisi daya saat berada di tripod, Anda sayangnya harus memilih paket Creator Combo, karena dalam paket ini sudah dilengkapi dengan aksesoris Do-It-All yang memiliki port USB-C tambahan di bagian belakangnya yang tidak dimiliki oleh paket standar.

Sarung Plastik yang disertakan sangat pas dan aman. Canggihnya, DJI Pocket 2 dilengkapi dengan teknologi Drop Aware. Dengan adanya teknologi ini akan membuat unit DJI Pocket 2 akan mengunci gimbal ketika DJI merasakan gerakan jatuh secara tiba-tiba. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kerusakan, karena pada umumnya kamera aksi, bagian yang paling rentan adalah gimbal.

Dari hasil uji, sensor pelacakan wajah bekerja sangat baik yang dipadukan dengan gimbal mekanis yang otomatis bergerak mengikuti objek. Ditambah dengan perekaman suara nirkabel dan dukungan aplikasi Android dan iOS membuat perangkat ini memiliki kompatibilitas yang luas.

Gimbal 3 axis Dji Pocket 2 bekerja sangat baik, ditambah dengan bantuan micro-judder untuk memperhalus, sehingga gambar yang dihasilkan sangat jernih dan stabil bahkan ketika Anda sedang berlari.

Ada tiga mode utama pada DJI Pocket 2 yaitu Follow (posisi kamera tetap horizontal), Tilt Locked (rotasi atas/bawah dinonaktifkan), dan mode FPV (gerakan penuh). Jika Anda ingin melihat perbedaannya cobalah melakukan gerakan berlari, jalan, dan coba goyangkan kamera Anda.

Untuk menjalankan pelacakan objek cukup kontrol dari layar 1 inch viewfinder.  Tempatkan Pocket 2 pada tripod dan Anda dapat berjalan-jalan dan kamera akan mengikuti Anda. Selama mode pelacakan objek berjalan, Anda akan berada di tengah-tengah bingkai kamera, dan kinerja pelacakan objek ini berjalan dengan baik.

dji pocket 2
Amazon.com

Anda juga dapat beralih dari satu mode ke mode lain dengan mudah. Sensor 64MP DJI Pocket 2 dapat mengambil video hingga kualitas 4K dengan 60 FPS 100Mbps serta kemampuan video HDR. Namun sayangnya ketika digunakan untuk mengambil gambar di daerah yang minim cahaya, performa kamera menunjukkan hasil yang biasa-biasa saja.

DJI Pocket 2 dapat mengambil video 4K berkat ukuran sensor yang besar. Pocket 2 juga dapat mengambil gambar 1080P atau HD, dan 2.7K. Perhatikan bahwa Anda disarankan memotret video atau foto dengan kondisi cahaya yang baik, jika tidak ya itu tadi, hasilnya biasa saja pada ruangan rendah cahaya.

Hasil kamera kualitas 4K bukan yang terbaik yang pernah dihasilkan oleh perangkat kamera, ditambah dengan kualitas suara yang layak, ini sudah lebih dari cukup untuk aktivitas vlog. Dengan fitur D-Cinelike di DJI Pocket 2 membuat hasil kamera Anda dapat dibuat sinematic sehingga tampak lebih dramatis, sehingga proses editing dapat diminimalisasi.

Jika Anda tidak puas dengan mode standard dan otomatis, Anda dapat mengaturnya juga langsung melalui layar kontrol. Pada mode Pro, Anda dapat mengubah settingan Exposure (EV), Mode Fokus, rentang ISO mulai dari 100 hingga 6400 dalam pengaturan yang tidak terlihat rumit. Terbaru ada kemampuan kecepatan fokus mengikuti dan menjeda rekaman yang bisa digunakan untuk video Tik Tok. Agar lebih mudah mungkin dapat menggunakan smartphone Anda untuk melakukan pengaturan.

Dengan kemampuan tangkapan lebar pandang hingga 93 derajat, ini bisa menangkap semakin luas gambar video wide angle Anda.

Jika Anda seorang videografer, fitur-fitur untuk mendukung kinerja Anda sudah tersemat di perangkat ini, kemampuan membuat video sinematik, kemampuan Full HD dan 4K dan stabilisasi gambar yang baik membuat kerja paska produksi atau editing menjadi berkurang.

FutureDJIPocket2 1
credit : Future

Dengan mikrofon nirkabel, Anda dapat mengambil suara tanpa perlu takut harus terus berdekatan dengan unit DJI Pocket 2 Anda. Kualitas suara yang dihasilkan jernih dan sangat baik, apalagi jika digunakan saat Anda membuat video selfi yang menggunakan objek pelacakan, tidak perlu berpikir harus tetap berada dalam bingkai kamera misalnya.

Untuk mengambil foto DJI Pocket 2 kemungkinan besar dapat dikalahkan dengan ponsel unggulan terbaru. Ponsel mungkin dapat mengambil foto yang lebih baik, apalagi didukung dengan layar yang lebih besar, namun dengan dukungan stabilisasi, tangkapan audio yang baik, dan pengaturan pada mode Pro yang lebih lengkap tetap menjadikan Pocket 2 sebagai pilihan.

Performa Batre

Baterai non-removable 875mAh di DJI Pocket 2 terbilang cukup kecil, begitu juga layar gimbalnya. Saat Anda menggunakannya untuk melakukan banyak rekaman 4K dengan kualitas tinggi, Pocket 2 bisa menjadi panas, dan mati sebelum baterai habis. 

Ini terjadi setelah sekitar satu jam pengambilan, dengan baterai terkuras lebih dari 70 persen. Meskipun demikian, asalkan Anda memotret pada kualitas standar 4K atau resolusi 1080p, DJI Pocket 2 dapat bertahan lebih lama – sekitar dua jam pada Full HD. Itu juga dapat merekam saat terhubung ke sumber listrik.

Ketika dicoba untuk mengambil gambar 4K selama 4 menit, kartu microSD akan terisi sebesar 2.5GB. Jadi jika Anda ingin memotret dengan resolusi penuh atau merekam video 4K, disarankan menggunakan kartu microSD berkapasitas besar dengan kecepatan yang tinggi. DJI menyarankan kartu berkecepatam UHS-I.

Kesimpulan

Brand DJI dari negeri Tiongkok, memang sudah dikenal luas di bidang kamera aksi dan drone. Kualitas produk yang ditawarkan oleh brand ini jelas memiliki fitur dan hasil yang baik, menjadikannya terdepan dibanding kompetitornya. DJI Pocket 2 sebagai kamera aksi menjadi salah satu produk yang diunggulkan. Jika Anda seorang vlogger yang sering berkreasi dan menginginkan kompatibilitas, keringkasan, mudah dibawa serta ingin kamera aksi yang lebih canggih dibanding sebelumnya dengan sensor yang lebih besar dan baik maka DJI Pocket 2 layak Anda pertimbangkan.

Namun jika Anda hanya sesekali memotret, Anda sudah memiliki kamera ponsel ringkas yang canggih, dan kalaupun memotret sering di tempat yang minim cahaya semisal fotografi makanan dark food, low key……kami sarankan mungkin perangkat ini belum cocok untuk Anda. Tapi ini kembali lagi kepada selera Anda, mungkin Anda ingin beralih profesi……Oke itu saja ulasan dari BelajarMotret.id, Semangat Motret yaa……

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments