You are currently viewing Review HP Terbaru Samsung Galaxy S21 Ultra

Review HP Terbaru Samsung Galaxy S21 Ultra

  • Post category:Teknologi
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:8 mins read
  • Post last modified:August 5, 2021

Galaxy S21 Ultra adalah ponsel Android terbaik dengan lensa zoom ganda, tampilan yang keren, dan daya tahan baterai yang sangat baik. Kali ini GrasZ.iD akan mengulasnya untuk Anda

Samsung Galaxy S21 Ultra dirancang untuk memberikan semua yang dibutuhkan pengguna dari sebuah smartphone. Dengan harga yang lebih mahal dibandingkan kompetitornya Apple iPhone 12 Pro Max, S21 dipersenjatai dengan lensa telefoto ganda untuk zoom yang luar biasa. Selain itu S21 Ultra menjadi seri Samsung Galaxy S yang pertama yang mendukung S Pen yang biasanya disematkan di seri Note.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra :

Display6.8 inches AMOLED (3200 x 1400); 10 to 120Hz
CPUSnapdragon 888 / Exynos 2100 (Untuk Pasar Asia Khususnya Indonesia)
RAM12GB, 16GB
Storage128GB, 256GB, 512GB
Kamera Utama108MP wide (f/1.8), 12MP ultra wide (f/2.2), 10MP telephoto (3x zoom, f/2.4), 10MP telephoto (10x zoom, f/4.9), laser AF sensor
Kamera Depan40MP (f/2.2)
Video8K 30 fps/4K 60 fps
Batre5,000 mAh
Daya Tahan Batre11 hours 25 min (60Hz), 10:07 (adaptive)
Wireless5G, Wi-Fi 6E, UWB
Size161.5 x 75.6 x 7.8 mm
Berat200 Gram

Galaxy S21 Ultra hadir dengan desain yang lebih ramping dan menawarkan kinerja yang lebih cepat dengan dibenamkannya Chip Exynos 2100. Dibandingkan Samsung Galaxy S21 biasa, kamera utama S21 Ultra memiliki kekuatan hingga 108 MP generasi kedua yang lebih baik, RAM yang lebih besar dan resolusi layar yang lebih tinggi.

Namun sepertinya dengan alasan untuk menekan biaya produksi, maka pada penjualan seri Samsung Galaxy S21 Ultra ini tidak akan ditemukan pengisi daya dan tanpa slot microSD. Tapi secara keseluruhan S21 Ultra merupakan ponsel premium terbaik yang layak dibeli.

Disain dan Warna

Disain Samsung Galaxy S21 dapat disebut dengan ponsel monolit, paduan kamera dan body ponsel bagian belakang yang tampak mengkilap seperti kaca. Bagaimanapun ukurannya tetap membuat anda perlu menggunakan kedua tangan untuk mengoperasikannya.

Dibandingkan dengan kompetitornya iPhone 12 Pro Max Dimensi Samsung Galaxy S21 Ultra lebih tebal dan lebih berat. Layarnya yang melengkung di sisi-sisinya menjadikan pembeda dibanding seri S21 biasa yang memiliki layar yang datar.

Galaxy S21 Ultra hadir dalam dua warna yakni, Phantom Black dan Phantom Silver. Samsung.com menawarkan warna S21 Ultra eksklusif, termasuk Phantom Navy, Phantom Titanium dan Phantom Brown.

Salah satu peningkatan adalah sensor sidik jari hampir 2 kali lebih besar dibandingkan pendahulunya, sehingga lebih mudah untuk membuka ponsel dari posisi terkunci.

Layar Ponsel

Layar AMOLED Dinamis 6,8 inci pada Galaxy S21 Ultra adalah salah satu layar terbaik di ponsel saat ini. Cerah, bersemangat dan tidak membuat Anda memilih apakah ingin layar resolusi tertinggi atau kecepatan refresh tertinggi seperti pendahulunya.

Ya, Anda akan terpesona saat menonton video di phablet ini. Warnanya sekaya sebelumnya, dan sudut pandangnya bagus dan lebar saat video film di layarnya.

Ultra melampaui iPhone dengan kecepatan refresh dinamisnya. Anda tidak hanya mendapatkan scrolling dan gameplay super mulus, sekarang Anda juga mendapatkan resolusi 120Hz dan quad HD secara bersamaan. Jadi Anda tidak perlu memilih antara resolusi tertinggi atau kecepatan refresh tertinggi. Oh ya perlu juga anda ketahui bahwa dengan resolusi 120 Hz mata anda akan lebih nyaman dan tidak mudah lelah ketika menatap layar dalam waktu yang lama.

Selain itu, layar S21 Ultra mudah dibaca di luar ruangan, karena dapat mencapai tingkat kecerahan tertinggi 1.500 nits. Dalam sebuah pengujian, S21 Ultra memiliki rata-rata 821 nits, yang mengalahkan 654 nits iPhone 12 Pro Max.

Dalam sebuah pengujian terbukti layar S21 Ultra sangat berwarna, dengan panel menghasilkan 81,4% dari gamut warna DCI-P3, dibandingkan dengan 84,8% untuk iPhone 12 Pro Max.

Warna pada iPhone sedikit lebih akurat, dengan layarnya mencapai skor Delta-E 0,07, dibandingkan dengan 0,35 untuk Galaxy S21 Ultra.

Samsung mengklaim S21 Ultra memiliki rasio kontras 3 juta: 1, yang 50% lebih tinggi dari S20 Ultra. Dan ada fitur Eye Comfort Shield yang dirancang untuk mengurangi kelelahan mata dengan membatasi cahaya biru.

Kamera

Kamera S21 Ultra adalah yang terbaik dibandingkan S21  dan S21 Plus. Kamera S21 Ultra memiliki sensor utama (wide) 108MP dan kamera ultra lebar 12MP, yang dilengkapi dengan sensor laser auto fokus

Galaxy S21 Ultra akan membuat Anda merasa seperti agen rahasia saat melakukan fotografi karena kekuatan zoom kameranya. S21 Ultra mampu melakukan 3x dan 10x zoom optical berkat dual zoom kameranya.

Fitur Zoom Lock baru dapat membantu Anda mendapatkan bidikan yang lebih stabil hanya dengan satu sentuhan.

Kamera utama 108MP dapat menangkap foto HDR 12-bit dengan data warna 64 kali lebih kaya dan lebih dari tiga kali rentang dinamis S20 Ultra. Ditambah, ada opsi file RAW 12-bit dalam mode Pro.

Samsung mengatakan telah meningkatkan mode Potret pada S21 dengan memanfaatkan AI untuk memisahkan subjek dari latar belakang dengan lebih baik. S21 Ultra memberikan efek bokeh yang luar biasa.

Galaxy S21 Ultra juga berkinerja cukup baik dalam cahaya rendah, berkat sensor Bright Night yang lebih cepat dan teknologi nona-binning 12MP untuk mengurangi pengurangan noise.

Video

Kamera Galaxy S21 Ultra dapat merekam video dengan resolusi 8K hingga 30 fps dan semua kameranya termasuk kamera depan dapat merekam video 4K hingga 60 fps. Tapi upgrade video paling keren adalah Director’s View.

Ada mode vlogger baru yang memungkinkan Anda menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk merekam video. Dan Anda dapat melihat gambar mini langsung dari setiap kamera saat merekam video, sehingga Anda dapat melakukan panggilan cepat jika ingin beralih.

Rekaman Galaxy S21 Ultra terlihat memukau, hasilnya hampir seperti kualitas film.

Didukung dengan fitur Super Steady, gambar video akan terekam sempurna dan halus bahkan ketika diambil sambil berjalan cepat.

Jika ingin mengambil foto dan video sekaligus, bisa dilakukan dengan fitur Single Take 2.0 pada S21 Ultra cukup menyenangkan. Namun, musik yang dipilih Samsung sebagai audio standar untuk melengkapi video ketika membuat klip yang dibuat secara otomatis terdengar murahan.

Performa

Galaxy S21 Ultra adalah salah satu ponsel pertama yang ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 888 untuk pasar Eropa dan Exynos 2100 untuk pasarAsia, yang dilengkapi dengan RAM 12GB atau 16GB.

Memainkan game berat seperti Grimvalor dapat dilakukan sangat baik tanpa lag dengan tampilan visual layar layaknya permainan game sekelas game konsol.

Dari hasil uji tes benchamrk menggunakan Geekbench 5, S21 Ultra membukukan 3.440 pada pengujian multi-inti dan 1.123 pada inti tunggal. Sedikit dibawah kompetitornya iPhone 12 Pro Max, yang menyelesaikan 4.100 dan 1.600, tetapi itu masih skor terbaik dari ponsel Android lainnya.

samsung galaxy s21 ultra
Sumber : Future

Pada pengujian menggunakan benchmark grafis 3Dmark Wild Life, S21 Ultra mencapai 34 fps. IPhone 12 Pro Max memiliki rata-rata 41 fps.

Pada tes pengeditan video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Rush, Galaxy S21 Ultra membutuhkan waktu 1 menit dan 2 detik untuk mentranskode video 4K menjadi 1080p. Itu lebih cepat dari Note 20 Ultra 1:16 tetapi masih jauh di belakang iPhone 12 Pro Max 28 detik.

Sayangnya, meskipun S21 Ultra memiliki berbagai pilihan penyimpanan untuk dipilih (128, 256 atau 512GB) Samsung meniadakan slot microSD sehingga tidak memungkinkan penambahan besar storage.

Daya Tahan Batre dan Kecepatan Charging

Jika Anda mencari ponsel premium dengan daya tahan batre mencapai seharian, S21 Ultra dapat menjadi pilihan. Pada pengujian baterai dengan melakukan browsing web melalui 5G, batre 5000mAh S21 Ultra mampu bertahan selama 11 jam 25 menit, mengalahkan iPhone 12 Pro Max 10 jam 53 menit, sehingga menjadikan S21 Ultra sebagai ponsel terbaik dalam hal daya tahan batre.

Namun sayangnya, dalam box S21 Ultra tidak didapatkan pengisi daya. Dengan alasan agar ramah lingkungan maka Samsung meniadakan pengisi daya. Kecuali anda belum pernah melakukan pembelian smartphone dengan pengisi daya USB type C, maka akan diperlukan biaya tambahan.

Dengan menggunakan pengisi daya 25 watt, batre S21 Ultra dapat mencapai 31% dalam 15 menit dan 56% dalam 15 menit.

S-Pen

Untuk pertama kalinya, perangkat Galaxy seri S mendukung S Pen. S21 Ultra mewujudkannya dengan digitizer Wacom yang terpasang di layar. S Pen, yang bersifat opsional, memungkinkan Anda menggambar, membuat sketsa, dan mencatat, seperti yang Anda bisa lakukan di Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra. S-Pen ini juga berguna ketika digunakan untuk menandatangani dokumen dengan cepat. Tapi perlu diingat, S-Pen ini bersifat opsional dan dijual terpisah tidak seperti pada seri Note yang sudah menjadi perlengkapan standar, dan satu lagi, karena sifatnya opsional maka tidak adaslot khusus S-pen di S21 Ultra, maka diperlukan casing yang sesuai jika ingin meletakan S-Pen.

Fungsionalitas S Pen bekerja dengan cukup baik, dan Anda dapat menikmati fitur seperti memo Screen Off untuk mencatat catatan dengan cepat. Namun, karena Bluetooth tidak ada di dalamnya, Anda tidak dapat menggunakan pena sebagai remote control seperti yang Anda bisa lakukan dengan Note 20 Ultra. Namun hal ini akan dilengkapi dengan model stylus S-Pen Pro yang sudah dilengkapi dengan konektivitas bluetooth.

5G, Wi-Fi 6E and UWB

Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung semua standar nirkabel terbaru, dimulai dengan 5G. Modem Qualcomm X60 di dalam perangkat ini mampu bekerja dengan baik yang akan menghasilkan kecepatan puncak yang lebih tinggi sekaligus memberikan efisiensi daya yang lebih baik.

Dengan menggunakan kartu seluler yang telah mendukung generasi ke-5, kecepatan unduh di S21 Ultra dapat melebihi 160 Mbps. Selain itu, Galaxy S21 Ultra adalah salah satu ponsel pertama yang mendukung Wi-Fi 6E, standar baru yang memberikan kecepatan lebih tinggi dan lebih banyak bandwidth secara keseluruhan saat Anda memiliki router Wi-Fi 6E yang kompatibel.

Terakhir, S21 Ultra memiliki UWB (ultra-wideband), yang memudahkan berbagi file dengan perangkat UWB lain, seperti Galaxy S21 Plus. Kabarnya S21 Ultra dapat menjadi kunci digital pada mobil tertentu pada 2022.

Keamanan dan Sambungan Perangkat Pintar

Samsung Galaxy S21 Ultra dilengkapi dengan perangkat lunak canggih yaitu SmartTags. Anda dapat menggunakan tag ini bersama dengan aplikasi SmartThings Find untuk melacak semuanya, mulai dari kunci hingga tas Anda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi SmartThings Find untuk menemukan lokasi perangkat Samsung lainnya, termasuk ponsel, jam tangan pintar, tablet, dan bahkan earbud.

Harga

ROM 12 GB / 128 GB Rp. 18.999.000,-

ROM 12 GB / 256 GB Rp. 19.999.000,-

ROM 16 GB / 512 GB Rp. 21.999.000,-

Nahh, itu dia review Galaxy Samsung S21 Ultra, bentuknya yang elegan, kekuatan kamera terbaik di kelasnya, bahkan anda bisa menjadikan S21 Ultra sebagai Note Anda karena dukungan S-Pennya. Minusnya tidak tersedianya pengisi daya, slot microSd yang dihilangkan dan bobotnya yang agak berat dan besar dibandingkan kompetitornya. Namun secara keseluruhan Galaxy S21 Ultra layak dijadikan pilihan HP Premium.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments